Penjaga Gawang yang Pernah Mencetak Gol di Premier League

Penjaga Gawang yang Pernah Mencetak Gol di Premier League

Penjaga Gawang yang Pernah Mencetak Gol di Premier League

Penjaga Gawang yang Pernah Mencetak Gol di Premier League, – Tahu nggak Anda, ada lho kiper-kiper yang pernah mencetak gol di Liga Inggris. Bisa tebak siapa saja? Ada beberapa kiper yang pernah mencetak gol di Liga Inggris. Ada dari situasi bola mati, sampai tendangan jarak jauh.

Dalam sejarah gelarannya, terdapat lima kiper yang sukses mencatatkan namanya di papan skor bersama klub Premier League. Entah suatu keberuntungan atau karena murni dari skill yang dimiliki, kiper-kiper tersebut berhasil menciptakan gol spektakuler yang tak pernah diduga sebelumnya. Lantas, siapa sajakah kiper yang dimaksud?

1. Asmir Begovic

Dikutip http://downloadjoker123.org, Asmir Begovic merupakan kiper asal Bosnia-Herzegovina yang cukup berpengalaman di Premier League. Ia pernah mencetak gol saat bermain untuk Stoke City dalam laga menghadapi Southampton di pekan ke-10 Premier League musim 2013/14, 2 November 2013. Lebih spesialnya lagi, gol tersebut tercipta saat laga baru berjalan beberapa detik dan dilesatkan dari area kotak penaltinya.

Sayangnya, gol tersebut tak mampu membawa Stoke City meraih kemenangan usai laga berakhir imbang 1-1. Selain Stoke City, Begovic juga sempat membela klub Premier League lainnya, yakni Portsmouth, Chelsea, dan Bournemouth. Secara keseluruhan, ia tampil dalam 252 laga di Premier League dengan catatan 1 gol, 349 kebobolan, dan 63 clean sheet. Saat ini, kiper berusia 33 tahun tersebut berkiprah di EFL Championship bersama Bournemouth yang baru saja terdegradasi.

2. Tim Howard

Tim Howard merupakan salah satu kiper terbaik asal Amerika Serikat yang pernah berkiprah di Premier League. Ia datang ke Inggris dengan bergabung di skuad Manchester United pada musim 2003/04. Namun, bersama Setan Merah, ia hanya bertahan selama empat musim. Di musim 2007/08, Howard kemudian hijrah ke Everton.

Bersama The Toffees, ia benar-benar menjadi kiper andalan dengan masa pengabdian selama sembilan musim. Salah satu catatan ikonik yang pernah ditorehkannya adalah ketika sukses mencatatkan namanya di papan skor melalui tendangan spektakuler dari kotak penaltinya sendiri. Saat itu, Everton bertanding melawan Bolton Wanderers di pekan ke-20 Premier League musim 2011/12, 4 Januari 2012. Sayangnya dalam laga tersebut Everton harus takluk dengan skor 2-1.

Tepat di musim 2016/17, Howard tak lagi berkarier di Premier League usai pulang ke kampung halaman dengan membela Colorado Rapids. Selama merumput di Premier League, ia tampil dalam 399 laga dengan mencatatkan 1 gol, 427 kebobolan, dan 133 clean sheet. Saat ini, kiper berusia 41 tahun tersebut masih aktif berkarier di MLS dengan memperkuat Memphis 901 FC.

3. Paul Robinson

Jika dua kiper sebelumnya berkebangsaan non-Inggris, Paul Robinson merupakan kiper keturunan Inggris. Ia mengawali karier bersama Leeds United di musim 1998/99. Kemudian ia malang melintang bersama klub Premier League lainnya, yakni Tottenham Hotspur, Blackburn Rovers, dan Burnley.

Catatan mengesankan pernah ditorehkan Robinson saat memperkuat Spurs. Dimana ia mampu mencetak satu gol fantastis melalui tendangannya dari area pertahanannya sendiri. Waktu itu, Spurs tengah menjamu Watford di pekan ke-30 Premier League musim 2006/07, 17 Maret 2007. Berkat satu gol darinya, The Lilywhites berhasil meraih kemenangan dengan skor 3-1.

Secara keseluruhan, Robinson mentas dalam 375 laga di Premier League dengan mencetak 1 gol, 582 kebobolan, dan 88 clean sheet. Ia memutuskan gantung sepatu pada Juli 2017.

4. Brad Friedel

Kiper selanjutnya yang pernah mencetak gol di Premier League adalah Brad Friedel. Ia merupakan rekan senegara Tim Howard. Friedel sukses melesatkan gol saat membela Blackburn Rovers dalam laga kontra Chartlon di pekan ke-26 Premier League musim 2003/04, 21 Februari 2004.

Gol tersebut tercipta melalui tendangannya setelah ia memutuskan maju ke kotak penalti lawan saat terjadi sepak pojok. Namun, gol darinya tak bisa membawa Rovers meraih poin penuh usai takluk secara dramatis dengan skor 3-2.

Brad Friedel memulai kiprahnya di Premier League dengan bergabung di skuad Liverpool pada musim 1997/98. Selain Blackburn Rovers, ia juga sempat membela Aston Villa dan Tottenham Hotspur. Total, Friedel tampil dalam 450 laga di Premier League dengan menorehkan 1 gol, 567 kebobolan, dan 132 clean sheet. Ia menepi dari lapangan hijau pada Juli 2015.

5. Peter Schmeichel

Kiper yang satu ini tentunya sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Ya, ia adalah Peter Schmeichel, salah satu kiper terbaik di Premier League. Kiper asal Denmark tersebut memulai petualangannya di Premier League bersama Manchester United di musim 1991/92. Schmeichel kemudian juga membela Aston Villa dan Manchester City.

Salah satu kenangan terbaiknya adalah ketika berhasil mencetak gol. Gol tersebut tercipta saat ayah dari Kasper Schmeichel tersebut membela Aston Villa dalam laga kontra Everton di pekan ke-8 Premier League musim 2001/02, 20 Oktober 2001. Namun, gol yang diciptakannya di penghujung laga tersebut tak mampu menghindarkan Aston Villa dari kekalahan usai takluk dengan skor 3-2.

Total, ia merumput dalam 310 laga di Premier League dengan menorehkan 1 gol, 287 kebobolan, dan 129 clean sheet. Schmeichel juga pernah mengangkat trofi Premier League sebanyak 5x bersama Manchester United. Ia memutuskan pensiun pada Juli 2003.

***

Tampaknya, di era saat ini sangat mustahil bagi seorang kiper bisa mencetak gol di Premier League. Namun, dalam dunia sepak bola semua bisa terjadi. Akankah ada kiper lain yang menyusul capaian mereka?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *